12 Tips Wawancara Daring Yang Mesti Diperhatikan

12 Tips Wawancara Daring Yang Mesti Diperhatikan

Hai..hai..hai…

Gimana kabarnya  ni yang mau ikutan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ?

Setelah sekian lama  tertunda karena pandemic Covid-19, SKB tes CPNS formasi 2019 akhirnya digelar bagi peserta tes  yang telah lolos seleksi tahap sebelumnya. Pelaksanaan SKB yang dijadwalkan pada bulan September ini dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) guna mengurangi resiko penyebaran dan penularan Virus Corona.

SKB bertujuan menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi bidang kebutuhan jabatan. Karenanya, akan ada tes-tes lanjutan berupa wawancara mengenai bidang yang dilamar. Dan seluruhnya dilakukan secara daring.

Nah… kira-kira apa aja sii persiapan yang mesti kalian persiapkan agar proses wawancara SKB ini bisa lancar jaya, yuk…simak Tips berikut ya….

♥      Perhatikan jaringan internet dan ketersediaan kuota  yang kamu miliki, lakukan uji coba jaringan, pastikan sinyal bagus dan kuota cukup sebelum jadwal wawancara.

♥      Persiapkan aplikasi dan peralatan pendukung yang akan digunakan saat wawancara, semisal wawancara dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom, artinya kamu harus memastikan aplikasi tersebut bisa dengan mudah diakses di perangkat laptop ataupun handphone yang akan kamu gunakan untuk wawancara. Selain itu, persiapkan juga perangkat pendukungnya yang mungkin akan kamu perlukan seperti, headset atau earphone, charger, dan lain sebagainya.

♥      Pastikan berbagai  informasi terkait pelaksanaan wawancara yang akan kamu jalani, terkait jadwal, berkas yang perlu diupload, atau apapun yang mungkin sangat penting untuk pelaksanaan wawancara.

♥      Setting background dan pencahayaan dengan tepat. Saat kamu melakukan wawancara daring yang harus benar-benar diperhatikan adalah posisi dimana kamu berada. Hindari backlight  yaitu kamu justru membelakangi cahaya, sehingga menyulitkan pewawancara mengenali wajah kamu, karena gelap.

♥      Harus dipastikan muka kamu terlihat jelas dan suara kamu terdengar jelas oleh pewawancara, jadi kamera dan speaker yang kamu gunakan harus kondisi bagus.

♥      Berpakaian rapi, mengenakan pakaian atasan dan bawahan yang rapi, atau sesuai dengan dress code yang diminta pihak panitia.

♥     Perhatikan penampilan muka yang terlihat segar, bersih dan rapi.

♥     Lakukan kontak mata dengan pewawancara, dengan cara kamu bisa menatap kepada kamera bukan menatap layar monitor laptop atau handphone kamu, hal ini akan membuat kamu terlihat lebih menghargai pewawancara.

♥     Kontrol gerakan tubuh kamu selama melakukan wawancara. Hindari gerakan tangan, kaki dan anggota tubuh lainnya secara berlebihan, karena itu akan sangat menggagu pewawancara.

♥     Persiapkan diri kamu sebelum wawancara. Pelajari dengan baik apa yang kira-kira akan ditanyakan saat wawancara, sehingga kamu dapat menjawab pertanyaan pewawancara dengan baik.

♥     Perhatikan waktu yang disediakan. Jawablah  pertanyaan dari pewawancara dengan jawaban yang tepat dan jelas, hindari jawaban yang berbelit-belit dan ngalor ngidul yang menghabiskan waktu dan membingungkan pewawancara.

♥     Lakukan simulasi atau latihan wawancara dengan teman kamu sebelum hari H pelaksanaan wawancara. Kamu bisa siapkan list pertanyaan dan minta tolong teman atau keluarga untuk menjadi pewawancaranya.

So…good luck ya gaes… Lakukan usaha terbaik…Jangan lupa berdoa…Biar Allah yang tentukan hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.