Apa yang Bisa Kita Lakukan, Saat Harus di Rumah Aja..

Home / Tulisanku / Apa yang Bisa Kita Lakukan, Saat Harus di Rumah Aja..
Apa yang Bisa Kita Lakukan, Saat Harus di Rumah Aja..

Adanya pendemi virus Corona atau Covid-19 mengharuskan semua orang untuk tetap #dirumahaja dan mengisolasi diri. Bagi orang yang memang terbiasa dengan keseharian di rumah, tentu tidak kebingungan apa yang dapat dilakukan selama di rumah saja. Akan tetapi buat sebagian orang yang biasanya kebanyakan beraktivitas di luar rumah, yang setiap harinya pergi ke kantor atau bekerja, pasti sedikit merasa kebingungan aktivitas apa yang bisa dilakukan selama di rumah saja, sehingga membuang kejenuhan dan kebosanan.

Dalam situasi seperti ini, banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan hal yang sebelumnya tertunda. Selain itu masih banyak aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa jenuh selama masa berkegiatan di rumah saja atau masa isolasi diri.

Hal- hal bermanfaat apa yang bisa kamu lakukan selama di rumah aja….simak ya temans…

1.Kerjakan Hoby, lakukan hal positif yang menjadi hoby kamu selama hal tersebut bisa kamu lakukan di rumah dan tidak mengharuskan kamu keluar rumah, seperti melukis, menjahit, dan menyulam.

2.Pelajari Hal Baru, banyak ilmu dan keterampilan baru yang bisa kamu pelajari dengan mengikuti tutorial dari internet atau bergabung dengan kelas berbayar secara daring atau online.

3.Membaca Buku, biasanya kita kesulitan meluangkan waktu untuk membaca buku di tengah kesibukan dan jam kerja kita, ini saatnya kita menggunakan waktu untuk membaca buku sebagai referensi dan menambah wawasan kita. Kita pun dapat menggunakan media internet untuk mencari ebook yang kita butuhkan, sehingga tidak perlu keluar rumah.

4.Menulis, tuliskan apa saja yang ingin kamu tulis dengan niat apapun yang kamu tulis dapat bermanfaat buat yang membaca. Ingat ya..menulis harus berdasarkan referensi yang terpercaya, jangan sesekali menuliskan hoax dan sesuatu yang unfaedah. Setelah itu, tulisan kamu bisa kamu share di media sosial milik kamu atau bisa dikirim ke media untuk dimuat dan menghasilkan tambahan uang saku. Banyak jenis karya tulis yang bisa dibuat, seperti cerita pendek, puisi, novel, maupun artikel.

5.Perbanyak ibadah, Dzikir dan doa, mungkin selama ini ibadah kita selalu terburu-buru dan kejar-kejaran dengan pekerjaan yang harus diselesaikan. Kini saatnya kita lakukan ibadah dengan lebih khusuk dan ditambah dengan ibdah Sunnah, misal shalat Sunnah Rawatib, Sholat Dhuha, Sholat Hajat, dan lainnya.

6.Kerjakan tugas kantor yang bisa dikerjakan dari rumah atau lewat daring, mengingat ini adalah masa Work From Home (WFH) atau Kerja Dari Rumah (KDR), pastinya ada pekerjaan yang dibebankan untuk diselesaikan, kerjakan agar tugas tidak menumpuk dan saat bos minta laporan pekerjaan, laporannya sudah ready.

7.Membuat Blog, Manfaatkan media sosial, salah satunya blog untuk berbagi hasil karya kamu berupa tulisan atau foto. Selain untuk mendokumentasikan karya, hasil tulisan yang kita bagikan bisa menjadi ladang amal jika bermanfaat bagi orang lain. Jika ditekuni dengan serius blog juga bisa menambah gendut rekening. Hehehe….

8.Baca kitab suci, setiap agama memiliki kitab suci. Saatnya kita meluangkan waktu untuk membaca kitab suci agama yang kita yakini. Misalnya bagi seorang muslim bisa membaca Alquran, andaikan belum lancar membacanya, sekarang bisa lebih tekun untuk belajar membacanya dengan lebih baik, atau yang sudah lancar membacanya, bisa menambah hapalan suratnya, ataupun kita dapat membaca Alquran lengkap dengan terjemahannya, sehingga kita lebih paham makna yang terkandung dalam setiap ayat.

9.Mencoba Resep Masakah Baru, Saatnya di rumah aja adalah saatnya semua anggota keluarga berkumpul dan melakukan aktivitas bersama, tentu juga butuh makanan dan cemilan. Sangat tidak memungkinkan keluar rumah, nah…ini waktunya mencoba resep masakan baru yang kita dapat dari share nya teman atau dari internet.

10.Dengarkan Podcast yang bermanfaat, banyak sekali podcast yang bisa didengarkan sesuai dengan topik yang diinginkan atau disukai. Banyak sekali informasi menarik bisa didapatkan ketika mendengarkan podcast seperti bisnis, karir, kesehatan, serta hubungan.

11.Berolahraga, sedapat mungkin tetap lakukan olahraga ringan di rumah agar tubuh kita tetap fit dan tidak kurang gerak.

12.Cari tontonan yang bermanfaat dan menyenangkan hati, misal dari youtube dan televisi.

13.Konsumsi informasi yang menyehatkan jiwa dan pikiran dari sumber yang terjamin kebenarannya, jauhi informasi hoax dan menyesatkan.

14.Membersihkan rumah dan segala perabotan yang ada, misal memisahkan dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi, membersihkan isi kulkas, merapikan isi lemari pakaian atau berbenah gudang.

15.Dampingi putra putri kita melakukan pembelajaran daring sesuai dengan arahan dari sekolah lewat media yang sudah ditetapkan.

16. Lakukan kegiatan bersama anggota keluarga lainnya, misal bermain dan makan bersama.

17.Hubungi teman atau keluarga dekat, sekedar untuk bertanya kabar dan saling mendoakan lewat telpon atau video call.

18.Tetap Lakukan Physical Distancing, jaga jarak dengan anggota keluarga lainnya.

So temans… semoga tidak bosan untuk tetap di rumah aja sampai kondisinya kondusif untuk kembali beraktivitas di luar rumah. Mudah-mudahan menghasilkan hal yang bermanfaat buat semua. Kita putus matarantai penyebaran Virus Covid-19 dengan cara tetap bekerja, belajar dan beribadah #dirumahaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.