Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental MENURUT Islam

Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental MENURUT Islam

Banyaknya persoalan yang kerap kita hadapi dalam kehidupan ditambah beban  ekonomi yang sering dirasakan teramat sangat berat, seringkali kita juga  merasakan adanya masalah yang kita hadapi tak kunjung menemukan jalan keluar. Hal ini membuat  hati kita dilanda kegelisahan, kecemasan, stress hingga depresi. Stress dan depresi mampu memicu berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit fisik hingga pikiran serta  gangguan secara    mental. Kesehatan mental terganggu   apabila seseorang selalu memikirkan tentang beratnya cobaan yang dihadapi, dan lupa bahwa  ada  Allah tempatnya meminta.

Andaikan saat menghadapi setiap persoalan berat, hati kita tenang dan pikiran kita terang, tentu kita akan mampu menemukan solusinya, apalagi jika kita mau berdoa meminta petunjuk pada Allah Taala. “sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” QS Al-Insyirah (94:6).

Banyak  cara yang dianjurkan dalam agama  Islam  yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, simak berikut ini ya temans.

  • Hendaklah selalu Mengingat Allah

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.” QS Ar-Ra’d ayat 28. Salah satu cara yang diajarkan untuk mengingat Allah adalah  dengan berdzikir. Artinya dengan berdzikir, kita senantiasa mengingat dan memuji kebesaran Allah dengan begitu  Insyaallah hati menjadi tenang dan tentram.

  • Perbanyak Syukur

Hendaklah selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Banyak bersyukur maka Nikmat Allah akan bertambah, termasuk nikmat ketenangan hati.  “Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari nikmat-Ku.” (QS Al-Baqarah:152)

  • Taat dan Dekat kepada Allah

Jika seorang hamba taat dan mendekatkan diri kepada Allah sang penciptanya, maka akan timbul perasaan tenang, dan jauh dari perasaan was-was. Berbeda saat dia tidak taat dan melakukan hal-hal yang dibenci Allah SWT, maka hatinya akan merasa hampa dan gelisah sepanjang waktu.

  • Salat dan Baca Al Quran

Salat 5 waktu adalah kewajiban setiap muslim dan muslimah. Saat kita bisa salat dengan khusuk, maka akan memberikan ketenangan hati dan jiwa kita. Salat juga merupakan waktu special untuk kita dapat berkomunikasi dengan sang maha segala. Kita mengadukan semua persoalan yang kita hadapi dan memohonkan petunjuk dari Allah SWT. Setelah melaksanakan Salat dapat dilanjutkan dengan membaca AlQuran karena di dalam AlQuran ada petunjuk dalam segala persoalan yang kita hadapi. Selain itu, dengan membaca AlQuran tentu akan membuat hati dan pikiran kita menjadi tenang.

  • Berserah kepada Allah sebagai sebaik-baiknya Penolong

Segala persoalan dan kesulitan yang kita hadapi, tentu saja Allah maha pemberi petunjuk. Allah pasti akan memberikan jalan terbaik sebagai balasan dari keyakinan kita berserah kepada Allah dan yakin Allah sebaik-baiknya penolong.

Demikianlah beberapa yang dapat kita lakukan dan juga  memberikan ketenangan dalam Islam. Kita haruis mampu melaksanakan ajaran yang dianjurkan sebagai ikhtiar kita untuk memperoleh ketenangan hati, bukan terfokus pada permasalahan yang kita hadapi.

Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 Days Writing Challenge Sahabat Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published.