Cerdas Bermedia Sosial : Saring before Sharing

Cerdas Bermedia Sosial : Saring before Sharing

Di Era digital sekarang memberikan banyak kemudahan bagi semua orang untuk terhubung dan berinteraksi satu sama lain juga mengakses berbagai macam informasi dengan mudah dan cepat yang menciptakan sebuah evolusi atau perubahan pada teknologi media.

Kemajuan tehnologi seperti dua sisi mata pisau yang harus kita sikapi dengan sangat hati-hati dan bijaksana sebab bisa mendatangkan manfaat, bisa pula memberikan mudharat.

Banyaknya jejaring sosial yang dapat diakses semua orang di seluruh dunia dengan tanpa batas membuat semua orang ingin membagikan berbagai informasi yang didapat dari manapun tanpa melihat lagi validitas informasi tersebut.

Bagaimana seharusnya yang kita lakukan sebalum membagikan berbagai informasi di ruang public secara bebas, simak hal berikut ;

  1. Baca dengan teliti dan pahami

Saat mendapatkan berita atau informasi sebaiknya baca dengan teliti dan pahami apa isi dan maksud dari tulisan tersebut, setelah itu pahami maksud informasi atau pemberitaannya.

  1. Verifikasi kebenaran berita atau informasi

Sebelum membagikan berita atau informasi ke orang lain, pastikan dulu kebenaran informasi atau berita tersebut dengan cara verifikasi ke sumber yang dapat dipercaya, misal melalui situs-situs resmi berita yang terpercaya di Indonesia.

  1. Lakukan Analisa kebermanfaatan berita tersebut bagi orang lain.

Saat kita sudah yakin kebenaran berita atau informasi tersebut, cobalah untuk menganalisa apakah bermanfaat atau tidak jika dibagikan secara umum kepada semua orang. Seandainya dirasakan bahwa infotmasi atau berita tersebut tidak bermanfaat dan tidak penting untuk dibagikan, sebaiknya tidak perlu dibagikan. Tidak selamanya istilah “sharing is caring” atau berbagi itu adalah bentuk kepedulian adalah benar. Pastikan dulu apakah informasi tersebut akan mem­berikan manfaat positif jika disebar­luaskan kepada masyarakat, jika ya maka lakukan, jika tidak jangan dilakukan

  1. Saring before Sharing

Jadilah pembaca cerdas dan bijak yang  selalu  selektif terhadap berita atau informasi yang di dapat, harus ada proses penyaringan sebelum kita bagikan ke orang lain melalui media sosial yang kita miliki. Selalu budayakan “Saring” semua informasi yang didapat sebelum “Sharing” kepada orang lain. Jangan asal menyebarkan informasi yang kita sendiri belum yakin kebenarannya.

  1. HIndari Hoax

Maraknya penyebaran Hoax diantaranya disebabkan andil dari kita semua. masing-masing kita rebutan berbagi informasi atau berita yang belum kita ketahui kebenarannya dan mengakibatkan memberikan informasi yang menyesatkan masyarakat.

  1. Pahami UU ITE agar terhindar dari sanksinya

Sejak tahun 2016 lalu, pemerintah telah secara  resmi mengeluarkan dan mengesahkan UU ITE yang  di dalamnya terdapat hal-hal  apa saja yang harus diperhatikan oleh seluruh pengguna media sosial, agar terehindar dari jeratan hukum. .Pemerintah mengeluarkan UU ITE  ini menjadi rel yang tepat bagi kita semua dalam menyebarkan informasi dan berita. UU. ITE ini  membuat kita semua  lebih hati-hati dalam menyebarkan  di media dan lebih  bijak dalam menggunakan media.

Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 Days Writing Challenge Sahabat Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published.