Inilah Cara Menghindari Stress Akibat Covid-19

Home / Tulisanku / Inilah Cara Menghindari Stress Akibat Covid-19
Inilah Cara Menghindari Stress Akibat Covid-19

Awalnya kita hanya mendengar dan membaca tentang penyebaran virus Covid-19 yang begitu massif tejadi di beberapa negara di dunia. Kita tidak terlalu peduli, bahkan masih banyak yang nekad berkunjung dan berlibur ke negara yang dinyatakan memiliki sejumlah kasus pasien terjangkit virus tersebut, mungkin berpikir, berdoa aja, Insyaallah semua aman.

Hingga akhirnya, negara kita, Indonesia pun menjadi salah satu negara terjangkit. Seperti halnya negara- negara lain di dunia, penyebarannya sangat cepat, dalam kurun waktu kurang lebih 1 bulan sudah sebanyak kurang lebih 3.500 jumlah kasus positif Corona tersebar dari seluruh wilayah provinsi di Indonesia.

Tidak dipungkiri bahwa pandemi Corona telah menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran yang bisa mendatangkan stres. Apalagi pemberitaan di berbagai media, termasuk pemberitaan penambahan pasien dan lain sebagainya. Memang penting juga untuk kita memantau perkembangan pemberitaan, sehingga kita mengetahui sejauh mana perkembangan penyebaran Covid-19 ini. Akan tetapi hal ini, jangan sampai menimbulkan stress dan depresi serius pada diri kita. Kita sendiri yang harus mengantisipasi stress pada diri kita.

Hindari hal yang dapat mengganggu kesehatan mental kita, sebab akan menurunkan system imun atau kekebalan tubuh dan mudah mendatangkan penyakit. Bagaimana caranya, simak Cara menghindari stress akibat pandemi virus Corona :

1. Waspada iya, panik jangan, untuk itu kita harus menghindari hal-hal yang mendatangkan kepanikan.

Kita sangat perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang Covid-19 ini, karena ini memang hal baru. Carilah informasi dari situs resmi yang terpercaya kebenarannya. Hal ini kita lakukan untuk mengedukasi dan memperkaya literasi diri, keluarga dan orang sekitar kita. Jangan mudah percaya dan yakin terhadap postingan yang dilihat di media sosial, karena itu menjadi pemicu kepanikan dalam diri kita.

Jika memungkinkan untuk kita mengedukasi dan meluruskan postingan yang salah, saat kita tahu dan paham tentang informasi yang benar, maka saatnya kita andil untuk berbagi informasi yang benar, akan tetapi jika diri kita mulai merasakan kepanikan dan terpengaruh postingan negatif di media sosial, maka itu berarti saatnya kita membatasi penggunaan media sosial.

2. Mulai cari dan bagikan postingan positif yang menyenangkan dan penuh semangat.
Informasi yang kita dapat dari sumber yang resmi dan terpercaya tentang segala hal yang menyangkut Covid-19, boleh kita bagikan untuk membantu mengedukasi orang lain. Akan tetapi tidak harus melulu tentang Covid-19 yang kita bagikan dan posting di halaman media sosial kita, boleh kita bagikan bermacam hal positif yang menyenangkan dan memberi motovasi serta semangat buat orang lain. Hal positif, pemikiran positif dan hal baik lainnya yang kita bagikan lalu mendatangkan manfaat bagi orang lain yang melihat dan membacanya, Insyaallah akan jadi ladang amal jariyah buat kita.

3. Saling Membantu dan Memberikan Dukungan

Hampir semua orang baik secara langsung atau pun tidak langsung merasakan dampak dari Virus Corona ini. Andaikan kita diberikan kecukupan oleh Allah Taalla dan memungkinkan untuk kita berbagi sedikit rezeki untuk penggalangan dana buat berbagai pengalokasian kebutuhan pencegahan dan penanganan Covid-19, tidak ada salahnya kita ikut berpartisipasi dengan keikhlasan hati. Juga saling berikan dukungan. Berkirim pesan singkat dan berkabar dengan teman dan keluarga. Sisipkan kata doa, dan biasanya akan berbalas juga dengan doa. Saling mendoakan akan lebih baik, semoga semua doa lebih cepat diijabah Nya.

4. Tetap Terhubung dengan Teman dan Keluarga

Kondisi Pandemi Corona ini mengharuskan kita melakukan social distancing atau jaga jarak sosial dan melakukan isolasi diri di rumah. Tetapi bukan berarti kita tidak bisa terhubung dengan teman dan keluarga. Manfaatkan teknologi, kita bisa melakukan panggilan video (Video Call) ataupun panggilan video group dengan teman-teman kita, misal dengan teman kerja atau pun dengan teman yang se frekuensi dengan kita, juga bisa hubungi keluaga untuk berkabar dan kangen-kangenan. Obrolin hal yang ringan dan menyenangkan. Bertukar cerita dan saling tertawa akan membantu menghilangkan stres yang ditimbulkan akibat pandemi Corona. Lakukan hal ini sesering mungkin.

5. Lakukan Aktivitas yang Menyehatkan Jasmani dan Rohani
Fokus melakukan kegiatan yang bermanfaat yang menyehatkan jasmani, menjaga kebugaran badan dan menjauhi kebiasaan yang memicu stress. Selain itu, lakukan juga kegiatan yang menyehatkan rohani dengan perbanyak ibadah jauhkan diri dari

6. Berkreasi dengan maksimal
Pikirkan potensi yang ada dalam diri kita yang bisa kita lakukan. Coba temukan ide kreatif yang dapat kita kreasikan sendiri atau dengan melibatkan teman lain, walaupun dengan kondisi di rumah saja. Misalkan dengan membuat video kolaborasi yang nantinya bisa dibagikan ke media sosial.

7. Meyakini Pandemi Virus Corona segera berakhir, tetap selalu berdoa dan berikhtiar serta meyakinkan diri kita bahwa masa pandemi ini akan mampu kita lewati dan akan segera berakhir. Tularkan juga keyakinan itu kepada keluarga, teman dan orang sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.