Lakukan ini, Biar Gak Bosen WFH

Home / Tips / Lakukan ini, Biar Gak Bosen WFH
Lakukan ini, Biar Gak Bosen WFH

Hai Temans…Semangat pagi… How are you? Semoga kamu selalu sehat ya.
Wabah virus corona yang dari hari ke hari semakin membahayakan serta begitu cepat penyebarannya membuat Presiden Indonesia Joko Widodo menginstruksikan segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dan penyakit Covid-19.

Dan masyarakat diminta melakukan social distancing. Yaitu kerja dari rumah, belajar di rumah, dan ibadah dirumah. “Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020).

Salah satu yang harus dijalani sebagian besar para pekerja adalah Work From Home (WFH). Cara ini dilakukan agar setiap orang tidak terlalu banyak berinteraksi ditempat umum. Apa sii Work From Home (WFH) ? Yuk, simak artikel berikut ini.

Apa itu Work From Home?
WFH adalah singkatan dari Work From Home yang berarti bekerja dari rumah. Secara umum biasanya work from home diartikan dengan cara kerja karyawan yang berada di luar kantor. Entah dari rumah, dari cafe atau restoran sesuai dengan keinginan karyawan.

Kelebihan Work From Home (WFH)

1. Menghemat Biaya Pengeluaran bagi Karyawan
Bagi karyawan, kerja dari rumah dapat menghemat biaya makan dan biaya transportasi yang harus dikeluarkan. Berbeda halnya, jika berangkat ke kantor. Biarpun mendapat biaya transportasi dan makan dari kantor, tapi biasanya dengan keluar rumah, cobaan untuk membeli makanan di restoran tertentu membuat biaya yang dikeluarkan lebih dari budget yang telah ditetapkan.

2. Fleksibel
Bekerja dari rumah memang membuat karyawan lebih fleksibel dan dapat menentukan sesuai keinginan ingin bekerja pada jam berapa. Pasalnya, setiap orang memiliki jam produktif yang berbeda satu sama lain. Jam kerja tidak lagi terpaku lagi pada sistem jam 8-5 atau 9-6. Posisi duduk, pakaian serta jam makan bisa disesuaikan sesuai keinginan.

3. Mendekatkan Diri kepada Keluarga
Kerja dari rumah tentu akan sangat menguntungkan seseorang yang telah berkeluarga. Momen ke momen bersama keluarga akan didapatkan seiring waktu berjalan. Meskipun begitu, Anda tetap harus membatasi antara pekerjaan dan keluarga Anda di rumah.

Kekurangan Work From Home (WFH)

1. Terganggu Keluarga
Tidak dapat dipungkiri, kedekatan Anda dengan keluarga juga bisa berakhir menjadi gangguan. Terlebih jika Anda telah memiliki Anak. Anda tidak mungkin mengabaikan mereka begitu saja. Batasan yang Anda lewati dapat menyebabkan Anda meninggalkan pekerjaan.

2. Jam Kerja Tidak Teratur
Sistem kerja dari rumah memang fleksibel, tapi jika Anda terlalu memfleksibelkan diri, Anda tidak akan memiliki batasan jam kerja seperti yang seharusnya. Anda bisa saja terlalu mementingkan pekerjaan di semua hari Anda selama 24/7 atau justru Anda mengabaikan pekerjaan Anda dan menundanya secara terus menerus.

3. Kurang Termotivasi
Bagi sebagian orang, melihat cara orang lain bekerja di kantor adalah sebuah motivasi tersendiri. Lingkungan dengan situasi yang kompetitif di kantor juga menjadi acuan bagi sebagian orang untuk terus melangkah lebih maju lagi. Cara kerja dari rumah yang sendirian ini cenderung mengakibatkan Anda menjadi tidak termotivasi dan kurang kompetitif.

Tips Supaya Tidak Bosan dan Tetap Produktif WFH
1.Bangun pagi sebagaimana biasa dan lakukan aktivitas rutin;
2.Siapkan baju kerja untuk lakukan Virtual Meeting dengan pimpinan dan rekan kerja;
3.Pisahkan ruang/ tempat untuk bekerta dan ruang/ tempat untuk santai;
4.Sediakan cukup waktu untuk istirahat atau waktu jeda;
5.Lakukan aktivitas fisik yang sederhana diantara waktu jeda;
6.Tetap jaga komunikasi dengan rekan kerja supaya tidak merasa terisolasi;
7.Atur waktu kerja yang spesifik setiap harinya;
8.Siapkan kursi dan meja kerja yang nyaman, dan tempat yang tenang supaya bisa focus bekerja, tidak terganggu berbagai urusan di Rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.