Our favorite…Martabak Kare

Home / Resep masakan / Our favorite…Martabak Kare
Our favorite…Martabak Kare

Makanan favorit keluarga kami adalah martabak telur dengan kuah kare. Sebenarnya makanan ini bukan hanya sekadar makanan favorit keluarga tetapi juga sebagai sumber penghidupan orang tua kami sejak aku belum lahir.

Ayahku memperoleh ilmu membuat martabak Dari kakek buyutku yang berasal Dari Malabar India. Ayah mulai berjualan martabak sejak tahun 1972 di Palembang, makanya sejak kecil lidahku dan keluargaku sudah sangat akrab dengan martabak kare.

Rasanya tiada hari yang dilewatkan tanpa sarapan martabak. Dan kesukaan ini kemudian juga menurun kepada anak dan para keponakan kami semua, kemanapun yang dicari martabak.

Sejak beberapa tahun lalu warung martabak ayah sudah tidak ada lagi karena tidak Ada yang mengelolahnya seiring usia ayah yang sudah lanjut.

Sesekali mengobati kerinduan pada martabak dengan membuat sendiri dan sesekali juga menerima pesanan. Berharap someday bisa punya resto martabak India.

Akhirnya setelah selama ini masak tanpa melihat dan menulis resep karena sudah belajar masaknya dengan cara Bantuin orang tua, ini khusus aku tuliskan untuk challage #jumatberbagiresep

Ini silakan dicoba praktekan resep martabak India Kuah Kare nya ya temans

Martabak India kuah kare

Bahan kulit martabak
500gr Terigu kualitas bagus (Segitiga / Cakra)
1 Btr telur
3 SDM Kental manis larutkan dengan 300ml Air susu tambah garam secukupnya
Minyak Goreng untuk merendam adonan dan menggoreng.
16 butir Telur (untuk isi nya)
Langkah
Siapkan bahan2 nya. Campur rata ke dalam mangkok : Terigu, tepur serta tuangkan air campuran susu dan garam sedikit demi sedikit, uleni sampai adonan kalis dan tidak menempel Ditangan, sisihkan dan diamkan 15 menit.

Setelah itu bentuk adonan bulat bulat sebesar kepalan tangan lalu baluri dengan minyak goreng yang agak banyak sambil susun adonan di tempat dan tuang minyak goreng secukupnya sehingga adonan menjadi terendam minyak goreng, lalu diamkan selama 30 menit. Kira-kira dengan adonan ini dapatnya 8 bulatan (8 buah)

Adonan siap dibentuk, bisa dengan digilas sambil ditarik-tarik pinggirnya atau bisa dengan dibanting (seperti Abang martabak) usahkan adonan menjadi tipis, Lalu isi dengan 2 butir telur utuh dan dilipat menjadi segi empat, angkat siap goreng ke teplon yang sudah dipanaskan dan dikasih minyak secukupnya.Goreng dengan api sedang sampai bewarna kekuningan, angkat dan tiriskan.

Bahan untuk kuah karenya
– 1 siung Bawang bombay diiris tipis
Haluskan :
– 8 siung bawang merah haluskan
– 4 siung bawang putih haluskan
– 2 sendok cabe giling
– Bumbu kari bubuk (Babas)
– Sere (geprek)
– Lengkuas (geprek)
– Daun salam
– Daun kari (kalo ada)

– Santan (1 kg kelapa) atau santan kara jangan terlalu encer.
– 1/4 kg Daging sapi/ ayam potong kecil
– 1/2 kg Kentang rebus dan hancurkan
– Garam Dan penyedap rasa secukupnya

Langkah pembuatan :
1. Panaskan minyak goreng
2. Masukan bawang bombay tumis sampai kuning masukan bumbu yang sudah dihaluskan dan bumbu kare bubuk,sere, lengkuas, Dan salam /daun late.
3. Tambahkan 2 gelas air
4. Masukan daging atau ayam yang sudah dipotong, rebus sampai empuk.
5. Tambahkan santan
6. Masukan kentang yang sudah dihaluskan
7. Tambahkan garam Dan penyedap rasa
8. Tunggu sampai mendidih Dan matang.
9. Sajikan Kare dengan martabaknya.

Jakarta, 11 Januari 2019
Hikmah 5878

Leave a Reply

Your email address will not be published.