Surat Az Zalzalah

Home / Ayat Alquran / Surat Az Zalzalah
Surat Az Zalzalah

“Bismillahirrahmanirrahim”

Surah Az-Zalzalah (bahasa Arab:الزلزلة) adalah surat ke-99 dalam Al-Qur’an. Surat ini terdiri atas 8 ayat dan tergolong pada surat Madaniyah. Surat ini diturunkan setelah surah An-Nisa’. Nama Az-Zalzalah diambil dari kata Zilzaal yang berarti ‘goncangan’ dan terdapat pada ayat pertama surat ini.
Kandungan surah Az Zalzalah diantaranya menggambarkan peristiwa pada hari kiamat saat bumi digoncangkan dan bumi mengeluarkan apa-apa yang ada didalamnya, lava, batu, bahkan mayit didalam kubur dan memberitahukan bahwa tidak akan ada peristiwa yang serupa sebelumnya hingga saat itu manusia kebingungan dan ketakutan serta pemberitahuan bahwa dihari akhir manusia akan dihidupkan dengan kondisi bermacam-macam sesuai kondisi amalnya didunia dan digiring ketempat terakhirnya.
Pada surah al zalzalah ayat 7 dan 8 di atas mengatakan bahwa ALLAH berjanji setiap kebaikan walaupun sebesar debu, maka akan mendapat ganjarananya berupa pahala dan nikmat dari ALLAH di hari akhir kelak, yaitu berupa surga yang luasnya minimal 10 lipat dunia dan seisinya. Dan ALLAH kuasa untuk melipatgandakan pahala kebaikan yang kita lakukan didunia. Namun sebaliknya, kejahatan walaupun sekecil debu, akan ALLAh balas di hari akhir dengan kesulitan dan siksa, dan ALLAH tidak menambahkan sedikitpun siksa atas dosa kita kecuali balasan atas apa yang kita perbuat. Dan ALLAH yang paling adil. perhitunganNYA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.