Tipe Pegawai, Kamu Yang Mana?

Home / Tulisanku / Tipe Pegawai, Kamu Yang Mana?

Oleh : Hikmah Romalina

Tepat 10  tahun lalu adalah hari pertama menjadi pegawai memiliki nip….tapi bukan merupakan tempat kerja pertama saya, karena sudah mulai bekerja sejak semester akhir, tahun 2001 …ups daah tua ya….waktu itu sebagai mahasiswa magang yang diperpanjang dengan kontrak kerja. Walaupun kuliahnya di humas tetapi dari awal masuk dunia kerja gak pernah dapet kerjaan yang berhubungan dengan humas.dapetnya sebagai staf admin, staf finance,telemarketing,marketing, bendahara, customer service….Berpindah2 bidang kerja dan tempat kerja membuat saya menemukan berbagai macam karakter atau type pegawai yang pernah jadi rekan kerja…ah jadi pengen nulis…pengen cerita flash back…Sering ketemu pegawai tipe;

1. Si pekerja keras. Baginya, pekerjaan seolah tak ada habisnya. Tempat kerja sudah kayak rumahnya karena pagi siang sore ampe malem ada di kantor..gemar bekerja hingga larut malam. Meski telah mengerjakan seluruh tugasnya, ada saja alasan yang mendorongnya untuk pulang lebih lama dari kantor…

2. Si Pemalas, tipe ini bekerja tetapi seperti tidak bekerja. datang ke kantor cuma buat absen, ngobrol, ngerumpi, kongkow, gak mikirin output apa yang dihasilkan tiap harinya.

3. Si teratur, tipe yang segalanya tersusun teratur, termasuk alur kerjanya teratur dan terjadwal.

4. Si banyak ide, tipe ini kreativitas tanpa batas.selalu ada saja gagasan dan ide baru yang dikeluarkannya.Ide inovatifnya selalu melahirkan hal baru yang sangat dihargai dan membawa perubahan.

3. Si suka bercanda, tipe ini seperti hidupnya no pproblemo.selalu ceria dan. memancing tawa.istilah gak ada lo gak rame cocok buat tipe ini, lumayan untuk tim rusuh di Kantor, awas kebablasan.

6. Si Kurang gaul, tipe ini biasanya keberadaannya antara ada dan tiada.terkadaang teman2 seruangan tidak menyadari dan memperdulikan keberadaanya karena diapun tidak memperdulikan kondisi dan keadaan sekelilingnya.

7. Si Penggosip, tipe ini hidup dari gosip.hidupnya cuma fokus menyebar gosip bukan fokus pada pekerjaannya.

8. Si Berlagak bos, tipe ini selalu berlagak dirinya seperti bos.memposisikann dirinya sebagai perwakilan atau asisten bos sebenarnya. Sukanya maen atur sana sini. cukup gak tau diri, level ala kadar tapi menempatkan diri ke maqom atasan. Kesian mungkin cita2nya ketinggian.

9. Si Tukang ngurusin kerjaan orang lain, tipe ini kerjaannya ngurusin kerjaan orang lain, padahal kerjaan dia sendiri belum tentu beres. Sukanya mengerjakan pekerjaan yang seharusnya bukan pekerjaan dia. Tipe ini demen maen sabet kerjaan orang lain.

10. Si cari muka.tipe ini entah mukanya hilang kemana jadinya mau cari muka terus, khususnya ke atasan. Show off tiada henti.semua kerjaannya pengennya terlihat atasan.Semua kerjaan diakui kerjaan dia, padahal mungkin hasil kerja dan karya orang lain…Ih..kok gak malu ya.

11. Si sok tahu, tipe ini merasa dia yang paling tau segalanya. Gak nerima masukan orang lain karena dia merasa hasil kerjaan dia yang terbaik. Sok tau pasti lengkap dengan argumennya, padahal makin dia berargumen makin keliatan kosong otaknya.Tapi pas mentok ada kesalahan dari yang sudah dikerjakan, dengan enteng dia ber alib, bukan saya yang kerjakan itu..sotoy ah….

12. Si sok bisa handle segalanya, tipe ini selalu merasa bisa kerja tanpa orang lain, dia merasa cuma dia yang bisa kerja. Terkadang si bos delegasiin tugas ke rekan kerja yang lain, malah dia yang dengan senang hati merampas untuk menyelesaikan tugas dari si bos..hehe…mungkin dia pengen dapet mendali penghargaan dari pak bos.

13. Si teliti, tipe ini memang harus ada di kantor karena ketelitiannya bisa menyelamatkan segala bentuk laporan.

14. Si Motivator, tipe ini seperti motor. Selalu jadi penggerak buat rekan2 kerjanya.selalu memberi motivasi untuk menjadi lebih baik.

15. Si Penghasut, Tipe yang satu ini tentunya nyebelin banget, Penghasut bisa dibilang mirip sama muka dua. Jadi doi pura-pura bakal memihak satu pihak, padahal aslinya cuma mau memicu kesalahpahaman antara dua pihak aja.

16. Si Bossy, tipe ini selalu suka maen perintah. Gak sadar kalo dirinya juga sesama pegawai.

17. Si Suka Komen, tipe ini juga ngeselin karena apa aja dikomenin,mending kalo perempuan …emang sudah kodratnya…nah kalo laki2 keseringan komen….ganti aja celananya jadi rok.

18. Si Youtuber, tipe ini youtube an dan download an dari jam masuk sampe jam pulang kantor. youtube an yang gak ada hubungan dengan kerjan kantor ya…alias youtube an semaunya…begitu jaringan internet putus atau gangguan ..walah dia yang paling heboh.

19. Si Penjaga Kantin, tipe ini demennya ngedekem di Kantin, Hati-hati aja ntar dikira penjaga Kantin bukan pegawai…xixixi.

20. Si Mata-mata, Ih…takut sama tipe ini, apa-apa yang terjadi di Kantor  pasti dilaporkan ke pak Bos, kalah dong cctv.

Oke deh…nanti kita lanjutkan lagi…setelah saya melanjutkan pengamatan ….hehe….sstt…kalo ketemu temen kerja tipe2 di atas silakan dibina bersama ya…kalo dah gak bisa dibina…baiknya segera dibinasakan…..Hayoo Ngakuu…kamu tipe yang mana???

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.